Follower

My Article

Link Seputar Kampus

From This Blog Only!

Rubic's Cube

Chit-Chat

Dari pada saya bingung ingin menulis apa, saya akan menaruh sedikit tutorial yang saya ambil dari tugas praktikum saya di kampus. Tetapi tentu saja saya menuliskan tutorial ini setelah waktu praktikum berakhir.

Saya akan sedikit membahas masalah Oracle, walaupun saja bukan master dalam Oracle. Kemungkinan besar saya hanya akan membuat 4 postingan Oracle ini, karena praktikum saya hanya 5 kali pertemuan termasuk ujian.

Dari pembaca bosan dengan kata-kata saya yang tidak bermakna, maka saya akan masuk ke pokok pembahasan.

Saya menggunakan Oracle XE dengan size file tersebut sebesar 157MB, dimana username yang digunakan adalah sys as sysdba, dan passwordnya adalah password. Yang saya tahu, sintak-sintak pada Oracle XE dengan Oracle standar adalah sama.

Pada artikel ini, saya akan membahas tentang membuat tabel, menginput data serta melihat hasil tabelnya. Saya tidak akan menjelaskan variabel - variabel yang ada pada Oracle. :D..

Untuk membuka sqlplus, masuk ke run kemudian ketikkan CMD, setelah itu pada Command Prompt ketikkan sqlplus. Setelah itu masukan username dan password sesuai Oracle yang Anda gunakan.

Setelah itu, membuat table dengan nama db01 dan dengan isi variable name sepanjang 20 karakter, variable npm sepanjang 8 karakter, variable alamat sepanjang 50 karakter dan variable kota sepanjang 10 karakter dengan mengetikan

Gambar: (Sedikit saya edit untuk keperluan keamanan)



sintak:

create table test( name varchar2 (20), npm varchar2 (8), alamat varchar2 (50), kota varchar2 (10));
tanda , merupakan pemisah masing-masing variable, sedangkan tanda ; merupakan pemisah antar statement. Apabila terdapat kesalahan dapat mengetikkan sintak ed untuk mengubah sintak yang salah.

Setelah itu, masukan data dengan menggunakan sintak :

Insert into test values (‘&nama’,’&npm’,’&alamat’,’&kota’);

atau dengan cara lain

Insert into test values (‘NamaAnda’,’NPMAnda’,’AlamatAnda’,’KotaAnda’);

Maka Anda akan memasukan nama, npm, alamat serta kota ke table. sesuai gambar diatas.

Untuk menampilkan seluruh isi dari table db01, maka Anda cukup mengetikan:

Select*from test;

Untuk menampikan dengan pilihan, tergantung pilihan itu.

Apabila ingin menampilkan isi table dengan ketentuan semua nama yang mempunyai huruf a lebih dari satu, maka cukup mengetikan:

Select*from db01 where nama like ‘%a%a%’;

Arti dari sintak tersebut adalah menampilkan dari table test, dimana menampilkan berdasarkan nama, dengan melihat karakter a yang lebih dari 1.

Mohon maaf apabila terdapat kesalahan informasi pada artikel ini.

Blog For Fun And Knowledge. :D.

0 Comment Of Course

Posting Komentar

Translator

My Twitter

My Kaskus ID

Ktp Kaskus Gw

Favourite Quote

Only GOD knows what will happen now and somehow.
-Bondan Prakoso & Fade2Black-
______________________________ Yesterday is history, tomorrow is a mystery, but today is a gift.
That's why it is called the "present".
-Oogway "Kung Fu Panda"-
______________________________ Doubt is the beginning of knowledge.
-Rene Descartes-
______________________________ If you use your head, you can uncover the logical answer.
-Kudo Shinichi-
______________________________ Earth is our grandest stage.
So, do the best until we die and the end of the show.
-Rocket Rockers-

About Your Connection

My Visitor Counter

Live Traffic Feed