Follower

My Article

Link Seputar Kampus

From This Blog Only!

Rubic's Cube

Chit-Chat

Part 3...

Berhubung artikel ini merupakan kelanjutan artikel sebelumnya, maka untuk melihat artikel sebelumnya:
Part 1
Part 2

C. Pembuatan Dokumentasi

Tahapan ini merupakan kelanjutan dari tahap sebelumnya dalam kasus sistem perangkat lunak untuk menginput data keuangan untuk perusahaan v4.

Dokumentasi adalah materi tertulis yang mendeskripsikan bagaimana cara beroperasinya suatu sistem, serta mencakup hal-hal apa saja yang dapat dilakukan program dan prosedur yang harus diikuti oleh user. Dokumentasi digunakan untuk tujuan-tujuan berikut:

- Pelatihan

- Penginstruksian

- Pengkomunikasian

- Penetapan standar kinerja

- Pemeliharaan system

- Referensi historis

Empat area utama dokumentasi adalah:

C1.Dokumentasi Pemakai

Prosedur yang memberitahu pemakai cara bekerja dengan sistem dan cara menjalankan tugasnya. Dokumentasi pemakai dapat dilakukan secara online atau dituliskan dalam manual prosedur. Untuk menjalankan sistem perangkat lunak untuk Penginputan data keuangan perusahaan v4 yaitu:

* Saat aplikasi dibuka, maka tampilan yang muncul adalah form login, karena aplikasi ini hanya sebagian yang bisa mengubah data keuangan yang ada pada perusahaan v4. User hanya dapat memasukan password sebanyak 3 kali. Apabila telah melewati 3 kali, maka aplikasi akan keluar dengan sendirinya, serta mematikan komputer dengan sendirinya.
* Setelah masuk ke aplikasi, maka user dapat memilih beberapa menu yang dapat membantu user untuk menggunakan aplikasi ini.
* Menu pertama adalah menu untuk menginput data keuangan yang baru, dimana menu ini berfungsi untuk menginput data keuangan yang baru. Pada menu ini, diberi batasan user yang dapat mengaksesnya.
* Menu yang kedua adalah menu untuk mengubah data keuangan yang salah, dimana menu ini berfungsi untuk mengedit data keuangan yang telah dimasukan sebelumnya, guna mengecek kebenaran. pada menu inipun diberikan batasan user yang dapat mengaksesnya
* Menu yang terakhir adalah menu untuk melihat data keuangan, dimana menu ini berfungsi untuk melihat data keuangan yang ada. pada menu ini, siapa saja dapat mengaksesnya, karena fungsi dari menu ini adalah transparasi data.
* Langkah pengerjaannya adalah user memasukan menu 1 apabila ingin menginput data keuangan (jurnal). apabila ada kesalahan pada penginputan data, user cukup masuk ke menu 2 untuk mengubahnya.

C2. Dokumentasi Sistem

Dokumentasi ini merupakan hasil-hasil yang digenerasi oleh professional sistem dan elemen-elemen rancangan yang dituangkan dalam repository(tempat penyimpanan) sentral CASE. Hasil-hasil terdokumentasi ini akan berfungsi pada saat sistem dikembangkan sebagai perangkat komunikasi yang digunakan untuk memberitahu atau pengembangan dan kemajuan sistem. Hasil-hasil sistem perangkat lunak untuk Data keuangan adalah :

* Perangkat lunak yang dibuat membantu dalam melakukan pengerjaan pencatatan data keuangan.

* Hasil laporan keuangan dapat dengan mudah di cetak.

C.3 Dokumentasi Perangkat Lunak

Dokumentasi ini berisi konversi aplikasi rancangan perangkat lunak ke software untuk memudahkan pemeliharaan dan meningkatkan kemampuan program. Programmer pemeliharaan harus memahami secara jelas fungsi dan logika perangkat lunak tersebut.


Untuk contoh kasus pembuatan perangkat lunak data keuangan perusahaan v4, kita dapat mengetahui hasil konversi aplikasi rancangan perangkat lunak ke software ditunjukkan dengan gambar berikut:


C4. Dokumentasi Operasi

Dokumentasi yang berisi form dan diagram dengan kata-kata dan nomor kunci.

Untuk contoh kasus pembuatan perangkat lunak input data perusahaan v4, kita dapat mengetahui file program yang digunakan yaitu 101(Kas) dan 201(Utang).

To be Continued...


Mohon Maaf Apabila terdapat kesalahaan informasi pada artikel ini.

Blog For Fun And Knowledge. :D.

0 Comment Of Course

Posting Komentar

Translator

My Twitter

My Kaskus ID

Ktp Kaskus Gw

Favourite Quote

Only GOD knows what will happen now and somehow.
-Bondan Prakoso & Fade2Black-
______________________________ Yesterday is history, tomorrow is a mystery, but today is a gift.
That's why it is called the "present".
-Oogway "Kung Fu Panda"-
______________________________ Doubt is the beginning of knowledge.
-Rene Descartes-
______________________________ If you use your head, you can uncover the logical answer.
-Kudo Shinichi-
______________________________ Earth is our grandest stage.
So, do the best until we die and the end of the show.
-Rocket Rockers-

About Your Connection

My Visitor Counter

Live Traffic Feed