Berhubung saya dapat tugas dari dosen untuk membuat autobiografi, maka saya sekarang ingin memberikan sedikit info mengenai Biografi dan autobiografi yang telah saya dapat melalui google-ing. Langsung saja kepokok pembahasannya:
A. Pengertian
Autobiografi merupakan karangan yang ditulis oleh murid sendiri tentang riwayat hidupnya sampai saat sekarang (WS. Winkel, 1985)
Biografi dan Autobiografi adalah alat pengumpul data dalam rangka program bimbingan di sekolah untuk mengetahui bagaimana perkembangan hidup murid tertentu secara menyeluruh dan garis besarnya ( Depdikbud, 1975 ).
Biografi adalah riwayat hidup atau catatan harian yang dapat merupakan salah satu teknik untuk mengumpulkan data tentang murid yang ditulis oleh dirinya sendiri (I. Djumhur dan Muh. Surya, 1985 )
B. Kegunaan Biografi dan Autobiografi
Dalam bimbingan dan konseling Biografi dan otobiografi dapat dipergunakan untuk :
1. Memperoleh gambaran mengenai kejadian-kejadian penting dalam kehidupan individu.
2. Mengetahui reaksi-reaksi pribadi atau sikap pribadi terhadap kejadian-kejadian penting yang dihadapi individu dalam kehidupannya.
3. Memperoleh data mengenai individu / pribadi murid dan lingkungan hidupnya.
C. Syarat Penggunaan Metode Biografi dan Autobiografi
Kedua metode tersebut dapat dipergunakan dalam bimbingan bila dipenuhi syarat-syarat
sebagai berikut :
1. Harus ada kepastian bahwa membuat otobiografi / biografi akan berguna untuk membantu siswa dalam mengatasi permasalahannya atau kesulitannya.
2. Siswa tidak boleh dipaksa untuk membuat riwayat hidup.
3. Konselor sebaiknya memberikan beberapa petunjuk mengenai cara menulis riwayat hidup atau karangan antara lain urutan kronologis / urutan pembuatan dan hal yang perlu diperhatikan.
4. Dalam mengadakan interpretasi mengenai karangan yang sudah diserahkan, konselor harus mengingat batas-batas atau kelemahan dari suatu riwayat hidup.
D. Bentuk Biografi dan Autobiografi:
Dilihat dari strukturnya dapat digolongkan menjadi :
1. Bentuk Berstruktur, yaitu apabila biografi atau otobiografi disusun atau ditulis dengan struktur seperti yang diminta oleh pengumpul data.
2. Bentuk Tak Berstruktur, yaitu apabila pengumpul data memberikan kebebasan atau keterbukaan pada individu dalam menuliskan biografi atau biografi, jadi tidak ada pengarahan tentang isinya.
E. Kelebihan Autobiografi / Biografi:
1. Merupakan tehnik proyeksi yang banyak mengungkap tentang kehidupan batin klien.
2. Bagi konselor yang mendapat latihan khusus, akan mudah mendapatkan gambaran jiwa klien secara keseluruhan.
3. Melalui tehnik ini akan diperoleh pengertian tentang filsafat hidup seseorang, pandangan-pandangannya, cita-citanya, dsb.
4. Gambaran menegnai aspek-aspek yang penting dalam hidup klien sangat berguna bagi konselor atau guru.
5. Riwayat hidup juga berguna bagi klien sendiri yaitu dalam melukiskan perasaannya, tingkah lakunya sehingga ia lebih mengenal dirinya.
6. kadang-kadang dengan menulis riwayat dapat merupakan alat untuk melegakan perasaan ( katarsis).
F. Keterbatasan Biografi / Autobiografi:
1. Harus diinterpretasikan dalam hubungannya dengan data yang berasal dari sumber lain.
2. Penulisan riwayat hidup sangat tergantung pada kemampuan dan kecakapan individu dalam menulisnya.
3. Dibutuhkan kemampuan dan latihan serta pengalaman yang cukup matang bagi seorang konselor untuk menegrti atau memahami persoalan yang ada dibalik kalimat yang dituliskan.
4. Riwayat hidup bersifat subyektif.
G. Garis besar Isi (Pedoman) Penulisan Riwayat Hidup:
1. Keterangan tentang diri:
a. Nama lengkap, nama panggilan
b. Tempat, tanggal lahir.
c. Alamat asal.
d. Tempat tinggal sekarang.
2. Saya dan keluarga:
a. Anda anak keberapa.
b. Apakah anda hidup dengan keluarga ? Jika tidak, mengapa ?
c. Nama, umur dan pekerjaan orang tua.
d. Nama, umur dan pekerjaan saudara-saudara anda.
e. Kebiasaan, bakat, minat dari keluarga anda.
f. Bahasa yang biasa dipergunakan.
g. Terangkan hal-hal yang masih diingat sebelum masuk Sekolah Dasar seperti minat, teman bermain, kepandaian-kepandaian dan pengalaman yang luar biasa.
3. Riwayat kesehatan:
a. Tinggi dan berat badan.
b. Penglihatan dan pendengaran.
c. Penyakit yang paling berat yang anda derita dalam hidup, dimana, kapan, mengapa dan berobat kepada siapa.
d. Pernahkan anda ditimpa kecelakaan, jenis apa, kapan, dan apa akibatnya.
4. Riwayat Pendidikan:
a. Tuliskan sekolah yang pernah anda masuki, namanya, dimana, kapan masuk dan keluarnya.
b. Pernahkan anda tinggal kelas, di kelas berapa, di sekolah apa dan mengapa.
c. Sebutkan mata pelajaran yang anda sukai dan yang kurang anda sukai pada masing-masing sekolah yang anda masuki.
d. Sebutkan kegiatan ekstra kurikuler yang anda sukai pada masing-masing sekolah.
e. Sebutkan dan jelaskan pengalaman yang paling berkesan bagi anda di setiap sekolah.
f. Apakah rencana anda setelah tamat dari sekolah.
5. Rekreasi dan pengisian waktu luang.
a. Apakah hobi anda ?
b. Apakah anda seorang kolektor ? Jika ya, jelaskan kegiatan anda yang berhubungan dengan hal itu.
c. Apakah anda berpartisipasi dalam kegiatan olah raga atau organisasi ?
d. Sebutkan dan jelaskan bacaan dan film yang anda senangi.
6. Pribadi saya:
a. Ciri jasmani anda.
b. Apakah anda mudah bergaul dengan orang lain.
c. Apakah anda lebih suka sendirian atau bersama orang lain.
d. Apakah anda terkenal diantara teman anda?
e. Apakah anda merasa bahagia dari sebagian waktu yang anda miliki.
f. Apakah filsafat hidup anda?
g. Apakah anda mempunyai bakat khusus, bagaimana rencana anda untuk mengembangkannya?
7. Pekerjaan:
a. Terangkan alasan anda memilih pekerjaan sebagai mahasiswa atau pelajar di jurusan yang anda masuki sekarang?
b. Apakah anda yakin telah memilih pilihan yang tepat?
Untuk contoh Autobiografi yang saya buat, silahkan klik disini.
Sumber: Google-ing (Mohon maaf, saya lupa sumbernya darimana saja)
Mohon maaf apabila terdapat kesalahan pada artikel ini.
Blog For Fun And Knowledge. :D
A. Pengertian
Autobiografi merupakan karangan yang ditulis oleh murid sendiri tentang riwayat hidupnya sampai saat sekarang (WS. Winkel, 1985)
Biografi dan Autobiografi adalah alat pengumpul data dalam rangka program bimbingan di sekolah untuk mengetahui bagaimana perkembangan hidup murid tertentu secara menyeluruh dan garis besarnya ( Depdikbud, 1975 ).
Biografi adalah riwayat hidup atau catatan harian yang dapat merupakan salah satu teknik untuk mengumpulkan data tentang murid yang ditulis oleh dirinya sendiri (I. Djumhur dan Muh. Surya, 1985 )
B. Kegunaan Biografi dan Autobiografi
Dalam bimbingan dan konseling Biografi dan otobiografi dapat dipergunakan untuk :
1. Memperoleh gambaran mengenai kejadian-kejadian penting dalam kehidupan individu.
2. Mengetahui reaksi-reaksi pribadi atau sikap pribadi terhadap kejadian-kejadian penting yang dihadapi individu dalam kehidupannya.
3. Memperoleh data mengenai individu / pribadi murid dan lingkungan hidupnya.
C. Syarat Penggunaan Metode Biografi dan Autobiografi
Kedua metode tersebut dapat dipergunakan dalam bimbingan bila dipenuhi syarat-syarat
sebagai berikut :
1. Harus ada kepastian bahwa membuat otobiografi / biografi akan berguna untuk membantu siswa dalam mengatasi permasalahannya atau kesulitannya.
2. Siswa tidak boleh dipaksa untuk membuat riwayat hidup.
3. Konselor sebaiknya memberikan beberapa petunjuk mengenai cara menulis riwayat hidup atau karangan antara lain urutan kronologis / urutan pembuatan dan hal yang perlu diperhatikan.
4. Dalam mengadakan interpretasi mengenai karangan yang sudah diserahkan, konselor harus mengingat batas-batas atau kelemahan dari suatu riwayat hidup.
D. Bentuk Biografi dan Autobiografi:
Dilihat dari strukturnya dapat digolongkan menjadi :
1. Bentuk Berstruktur, yaitu apabila biografi atau otobiografi disusun atau ditulis dengan struktur seperti yang diminta oleh pengumpul data.
2. Bentuk Tak Berstruktur, yaitu apabila pengumpul data memberikan kebebasan atau keterbukaan pada individu dalam menuliskan biografi atau biografi, jadi tidak ada pengarahan tentang isinya.
E. Kelebihan Autobiografi / Biografi:
1. Merupakan tehnik proyeksi yang banyak mengungkap tentang kehidupan batin klien.
2. Bagi konselor yang mendapat latihan khusus, akan mudah mendapatkan gambaran jiwa klien secara keseluruhan.
3. Melalui tehnik ini akan diperoleh pengertian tentang filsafat hidup seseorang, pandangan-pandangannya, cita-citanya, dsb.
4. Gambaran menegnai aspek-aspek yang penting dalam hidup klien sangat berguna bagi konselor atau guru.
5. Riwayat hidup juga berguna bagi klien sendiri yaitu dalam melukiskan perasaannya, tingkah lakunya sehingga ia lebih mengenal dirinya.
6. kadang-kadang dengan menulis riwayat dapat merupakan alat untuk melegakan perasaan ( katarsis).
F. Keterbatasan Biografi / Autobiografi:
1. Harus diinterpretasikan dalam hubungannya dengan data yang berasal dari sumber lain.
2. Penulisan riwayat hidup sangat tergantung pada kemampuan dan kecakapan individu dalam menulisnya.
3. Dibutuhkan kemampuan dan latihan serta pengalaman yang cukup matang bagi seorang konselor untuk menegrti atau memahami persoalan yang ada dibalik kalimat yang dituliskan.
4. Riwayat hidup bersifat subyektif.
G. Garis besar Isi (Pedoman) Penulisan Riwayat Hidup:
1. Keterangan tentang diri:
a. Nama lengkap, nama panggilan
b. Tempat, tanggal lahir.
c. Alamat asal.
d. Tempat tinggal sekarang.
2. Saya dan keluarga:
a. Anda anak keberapa.
b. Apakah anda hidup dengan keluarga ? Jika tidak, mengapa ?
c. Nama, umur dan pekerjaan orang tua.
d. Nama, umur dan pekerjaan saudara-saudara anda.
e. Kebiasaan, bakat, minat dari keluarga anda.
f. Bahasa yang biasa dipergunakan.
g. Terangkan hal-hal yang masih diingat sebelum masuk Sekolah Dasar seperti minat, teman bermain, kepandaian-kepandaian dan pengalaman yang luar biasa.
3. Riwayat kesehatan:
a. Tinggi dan berat badan.
b. Penglihatan dan pendengaran.
c. Penyakit yang paling berat yang anda derita dalam hidup, dimana, kapan, mengapa dan berobat kepada siapa.
d. Pernahkan anda ditimpa kecelakaan, jenis apa, kapan, dan apa akibatnya.
4. Riwayat Pendidikan:
a. Tuliskan sekolah yang pernah anda masuki, namanya, dimana, kapan masuk dan keluarnya.
b. Pernahkan anda tinggal kelas, di kelas berapa, di sekolah apa dan mengapa.
c. Sebutkan mata pelajaran yang anda sukai dan yang kurang anda sukai pada masing-masing sekolah yang anda masuki.
d. Sebutkan kegiatan ekstra kurikuler yang anda sukai pada masing-masing sekolah.
e. Sebutkan dan jelaskan pengalaman yang paling berkesan bagi anda di setiap sekolah.
f. Apakah rencana anda setelah tamat dari sekolah.
5. Rekreasi dan pengisian waktu luang.
a. Apakah hobi anda ?
b. Apakah anda seorang kolektor ? Jika ya, jelaskan kegiatan anda yang berhubungan dengan hal itu.
c. Apakah anda berpartisipasi dalam kegiatan olah raga atau organisasi ?
d. Sebutkan dan jelaskan bacaan dan film yang anda senangi.
6. Pribadi saya:
a. Ciri jasmani anda.
b. Apakah anda mudah bergaul dengan orang lain.
c. Apakah anda lebih suka sendirian atau bersama orang lain.
d. Apakah anda terkenal diantara teman anda?
e. Apakah anda merasa bahagia dari sebagian waktu yang anda miliki.
f. Apakah filsafat hidup anda?
g. Apakah anda mempunyai bakat khusus, bagaimana rencana anda untuk mengembangkannya?
7. Pekerjaan:
a. Terangkan alasan anda memilih pekerjaan sebagai mahasiswa atau pelajar di jurusan yang anda masuki sekarang?
b. Apakah anda yakin telah memilih pilihan yang tepat?
Untuk contoh Autobiografi yang saya buat, silahkan klik disini.
Sumber: Google-ing (Mohon maaf, saya lupa sumbernya darimana saja)
Mohon maaf apabila terdapat kesalahan pada artikel ini.
Blog For Fun And Knowledge. :D