Follower

My Article

Link Seputar Kampus

From This Blog Only!

Rubic's Cube

Chit-Chat

(Ilustrasi Gambar Pembajakan)

Sebelum membahas budaya membajak atau yang disebut meng-copy, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu mengetahui pengertian nilai budaya. Menurut http://id.wikipedia.org/wiki/Nilai-nilai_budaya, Nilai budaya merupakan nilai-nilai yang disepakati dan tertanam dalam suatu masyarakat, lingkungan organisasi, lingkungan masyarakat, yang mengakar pada suatu kebiasaan, kepercayaan (believe), simbol-simbol dengan karakteristik tertentu yang dapat dibedakan satu dan yang lainnya sebagai acuan perilaku dan tanggapan atas apa yang akan terjadi atau sedang terjadi. Kemajuan teknologi yang terjadi saat ini merupakan suatu hal yang baik dan yang buruk. Hal baik akibat adanya kemajuan teknologi dapat berupa mempercepat proses transaksi dalam sebuah perdagangan, mempercepat pengiriman pesan dalam bentuk email, mudahnya mendapatkan informasi-informasi penting dsb. Sedangkan hal buruk dapat berupa penyalahgunaan internet, penyalahgunaan informasi yang didapat dsb. Dalam tulisan kali ini, saya akan membahas penyalahgunaan hardware CD-RW drive serta software yang berfungsi untuk mengkopi CD.

Ketika teknologi belum semaju sekarang, orang yang ingin menggunakan software ataupun ingin mendengar musik dan menonton film hanya dapat membeli yang original dengan harga yang cukup mahal, tetapi dalam teknologi yang sekarang, untuk mendapatkan barang-barang tersebut sudah dapat dibeli dengan harga murah yaitu dengan membeli yang bajakan. Saya yakin kalian pasti sudah tidak asing dengan yang namanya bajak-membajak. Baik membajak software, film, serta musik. Budaya membajak saat ini sudah merupakan hal yang wajar walaupun pada dasarnya merupakan sesuatu yang melanggar hukum. Hal tersebut mungkin dikarenakan sudah berkurangnya nilai-nilai budaya yang melekat di dalam diri kita seperti rasa malu akan suatu pelanggaran, sudah "terbiasa" dalam melanggar suatu aturan dikarenakan kita mengenal sebuah istilah "plesetan" yaitu "Aturan dibuat untuk dilanggar". Dalam pelanggaran hukum yang seperti ini, sangatlah sulit untuk diberantas, karena pelakunya bukan hanya dari kalangan pedagang, tetapi masyarakat biasapun dapat dengan mudahnya membuat bajakan dengan beberapa software yang digunakan.

Oleh karena itu, perkembangan teknologi sudah menggeser nilai-nilai budaya yang ada didalam kehidupan kita.

Topik : Nilai-nilai berhubungan dengan kemajuan teknologi.

Prastoto Aji
17110093
4KA18

Mohon maaf apabila terdapat kesalahan pada artikel ini.

Blog For Fun And Knowledge. :D.

2 Comment Of Course

  1. A Nathanael Tjoa  

    Saya melihat budaya membajak itu lahir bukan saja karena kemajuan teknologi, tetapi ketidakmampuan lembaga penegak hukum menghukum tindakan yang salah. Akibatnya, orang membajak seenaknya dan para pemilik karya asli kurang mendapatkan apresiasi finansial yang dibutuhkannya. Bagaimana pendapat mas Prastoto?

  2. Vrasto Adjie  

    Terima kasih mas Nathan atas commentnya. :D.
    Dan saya mohon maaf karena baru membalas komennya dikarenakan saya jarang melihat bagian dari comment.
    Menurut saya apa yg mas Nathan bilang sangat tepat. Jika saja penegak hukum cukup mampu untuk menindak yang salah dibidang pembajakan, mungkin budaya ini tidak akan berkembang atau bahkan bisa dihilangkan.
    namun yang sangat sulit ialah menindak pembajak individual. yang tidak memperjual belikan atau mungkin memperjual belikan dalam skala kecil. sehingga cukup sulit untuk melacaknya.
    mudah-mudahan comment saya nyambung dengan apa yang mas Nathan tanyakan. :D

Posting Komentar

Translator

My Twitter

My Kaskus ID

Ktp Kaskus Gw

Favourite Quote

Only GOD knows what will happen now and somehow.
-Bondan Prakoso & Fade2Black-
______________________________ Yesterday is history, tomorrow is a mystery, but today is a gift.
That's why it is called the "present".
-Oogway "Kung Fu Panda"-
______________________________ Doubt is the beginning of knowledge.
-Rene Descartes-
______________________________ If you use your head, you can uncover the logical answer.
-Kudo Shinichi-
______________________________ Earth is our grandest stage.
So, do the best until we die and the end of the show.
-Rocket Rockers-

About Your Connection

My Visitor Counter

Live Traffic Feed